Selasa, 07 Januari 2014

"RANGKAIAN COUNTER SEBAGAI INDIKATOR PERGANTIAN PEMAIN SEPAK BOLA MENGGUNAKAN SEVEN SEGMENT DAN IC 74LS192"

Tugas Mikroprosesor
Nama : Titin Nur P/ 10.11.1706/TI 11 S


Makalah Mikroprosesor
"RANGKAIAN COUNTER SEBAGAI INDIKATOR
PERGANTIAN PEMAIN SEPAK BOLA
MENGGUNAKAN SEVEN SEGMENT DAN IC
74LS192"



oleh:
TITIN NUR P (10.11.1706/TI 11 SORE)


I. PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Sepakbola adalah olahraga favorit di seluruh dunia, baik pria maupun wanita tidak asing dengan olahraga yang satu ini. Selain bisa dijadikan hobbi, olahraga ini bisa mempersatukan dan memperat antar bangsa dengan di adakannya poertandingan persahabatan. Liga Indonesia atau ISL sebagai kompetisi utama sepakbola Indonesia sangat minim fasilitas. Sebagai contoh papan skor maupun papan indikator pergantian sepakbola yang masih manual. Tidak dapat dipungkiri bahwa harga alat elektronik tersebut sangat mahal di pasaran. 

Namun sejalan dengan ilmu elektronika yang sangat pesat memunculkan berbagai macam alat-alat elektronik dengan harga terjangkau. Dengan memanfaatkan beberapa teknik digital, kita sudah bisa membuat alat
indikator dalam dunia olahraga. Untuk dapat membuat alat elektronik  tersebut sebagaimana mestinya diperlukan analisa dan kajian yang mendalam mengenai masalah yang ingin diselesaikan, komponen alat yang digunakan, serta implementasi dari alat tersebut.

1.2 Tujuan
Tujuan dari makalah ini, selain untuk memenuhi tugas yang diberikan Bapak Dosen Mikroprosesor,Bapak Arif Johar juga sebagai pengetahuan bagaimana a).Mempelajari komponen yang digunakan dalam pembuatan indikator pergantian pemain sepakbola, b). Mempelajari fungsi dan cara kerja dari IC74LS192 dan 4511, c). Menjelaskan cara kerja dan implementasi indikator pergantian pemain sepakbola.

1.3 Batasan Masalah
Batasan masalah pada makalah ini hanya terbatas membahas cara kerja indikator pergantian permainan pemain sepakbola.

II. PEMBAHASAN

Pada bab ini membahaperancangan system perangkat lunak (software) rangkaian indikator pergantian pemain sepakbola. Dalam perancangan ini diperhatikan kondisi komponen alat agar mampu bekerja.

2.1 Komponen Penyusun Alat

Dalam membuat indikator pergantian sepakbola dibutuhkan beberapa komponen elektronik, yaitu :
a.Resistor
470Ω
4kΩ
10 kΩ

b.IC digital
IC counter 74LS192
IC 4511

c.Switch
Alat ini menggunakan 3 push button yng berfungsi sebagai reset, count up dan down.

d.Catu daya
Alat ini menggunakan catu daya DC 6Volt


Gambar 1. Rangkaian Indikator Pemain sepakbola

2.2 Cara Kerja Rangkaian

Rangkaian ini berguna untuk  menampilkan angka pada display seven segmen. Push button digunakan untuk  menghasilkan detak sebagai masukan untuk  IC counter. Apabila salah satu switch ditekan maka tegangan akan masuk ke IC 74LS192 sebagai counter dari rangkaian. Setelah IC counter kemudian tegangan masuk ke IC seven segment drive yaitu IC 4511 yang pada akhirnya di tampilkan pada display sevensegmen. Untuk menampilkan nilai puluhan, diperlukan satu buah rangkaian lagi yang dihubungkan dari TCU dan TCD dari IC 74LS192 dari rangkaian pertama.

Gambar 2. Diagram penambahan angka pada IC 74LS92

Ketika push button up ditekan maka perlakuan ini akan menjadi inputan pada IC 74LS192 untuk kemudian di kirimkan ke driver seven segment sebesar 4bit, jika dilakukan inputan hingga 9 kali dengan keluaran biner 1001 pada IC 74LS192 maka pada inputan ke 10 keluaran biner kembali ke posisi 0000 namun IC 74LS192 membawa 1 bit data carry ke IC 74LS192 di sebelahnya.

III. PENUTUP

           3.1 KESIMPULAN
1.  Indikator pergantian sepakbola inidapat menampilkan angka pada Seven segmen dengan berurutan naik, maupun turun sesuai dengan clock yang kita tekan.
2.   Dalam alat ini menggunakan IC 74LS192 sebagai counter dan IC 4511 sebagai driver seven segmen.
3.    Alat ini mempunyai 3 switch yang berguna untuk mereset nilai, menambah nilai, dan mengurangi nilai pada seven segment.
4.    Dengan menghubungkan rangkaian IC 74LS192 pada TCU dan TCD ke rangkaian IC 74LS192 lainnya, kita dapat membuat tampilan seven segmen hingga puluhan.

3.2   SARAN
1. Agar lebih memahami proses dari rangkaian hendaknya perlu dilakukan percobaan atau membuat rangkaian tersebut.
2. Pembuatan dengan project board perlu ketelitian di dalam menghubungkan jalur- jalurnya, kesalahan dapat berakibat fatal terhadap komponen.
3. Tugas akhir ini dapat dikembangkan lebih jauh lagi menggunakan mikrokontroller

DAFTAR PUSTAKA

[1] Bahan ajar ITS. Integrated circuit 2009 Dari:http://elektronika-dasar.com
            [2] http://www.academia.edu/2985133/RANGKAIAN_COUNTER_SEBAGAI_INDIKATOR_PERGANTIAN_PEMAIN_SEPAK_BOLA_MENGGUNAKAN_SEVEN_SEGMENT_DAN_IC_74LS192


Tidak ada komentar:

Posting Komentar